Senin, 26 September 2011

Tugas 1

Budaya Disiplin Waktu di Indonesia




  Kita tentu sering mendengar “besok” atau “mbesok” dalam aksen bahasa Jawa. Kata ini mempunyai arti 24 jam setelah sekarang. Tapi di Indonesia, “besok” bisa menjadi lusa atau bahkan minggu depan. Begitu yang ditulis oleh Terry Morrison & Wayne Conaway dalam buku best seller “Kiss, Bow, or Shake Hand: How Tod Do Business in 60 Countries”. Buku ini membahas tentang tips, etika dan budaya dalam melakukan bisnis di 60 negara (termasuk di Indonesia). Tanpa disadari, budaya “besok” yang dimiliki oleh bangsa kita menjadi terkenal di mancanegara. 

  Belum cukup sampai di situ, di buku tersebut ditulis juga: “In general, Indonesians arrive a half hour late”. Anda setuju? Atau malah menyalahkan buku itu karena orang Indonesia pada umumnya telat satu jam, bukan setengah jam? “Jam karet”, begitulah istilah yang sudah umum di Indonesia untuk menggambarkan keterlambatan. “Besok” bisa melar seperti karet menjadi lusa atau beberapa hari lagi. Rentang waktu “besok” mempunyai jangkauan yang panjang dan tidak pasti. Padahal kepastian diperlukan untuk mendukung pengambilan keputusan.
  Karena sudah menjadi biasa, akhirnya menjadi budaya yang diterima oleh banyak kalangan. Jangan heran, banyak orang dari negara lain atau orang Indonesia yang lama tinggal di luar negeri akhirnya malah mengikuti budaya ini. Arus jam karet lebih kuat sehingga menarik arus disiplin waktu yang lebih lemah tenaganya. Dampak dari jam karet atau keterlambatan ini adalah timbulnya “jalan pintas” yang menerjang arus jam karet. Kalau kita mempunyai suatu urusan yang memakan waktu lama, maka ada “jalan pintas” agar bisa lebih cepat. Dan tidak ada “jalan pintas” yang gratis.

  Dampak lain dari jam karet adalah tertundanya beberapa kegiatan lain sebagai rentetan akibat dari jam karet pada acara sebelumnya. Apabila diakumulasikan, telah terjadi inefisiensi yang luar biasa. Cuma karena banyak yang tidak menyadarinya serta sudah terbiasa, yang luar biasa menjadi biasa. Contohnya adalah suatu acara yang sudah dijadwalkan akan berlangsung dua jam dari jam 10 sampai jam 12. Kemudian rapat tersebut tertunda setengah jam karena peserta rapat banyak yang datang terlambat. Dengan asumsi rapat tetap dua jam serta waktu istirahat jam 12, maka telah terjadi pemborosan waktu, tenaga dan sumber daya listrik yang dikali setengah jam. Dengan asumsi rapat diakhiri jam 12, maka telah terjadi inefisiensi dalam pembahasan materi rapat yang cenderung akan dibahas secara tergesa-gesa karena kurangnya waktu. Inefisiensi juga akan terjadi pada rentetan kegiatan berikutnya karena keterlambatan rapat tersebut.
  "Ah, palingan ngaret..", "Ah ntar aja ah, palingan yang laen juga telat." Itu adalah kata-kata yang sangat sering kita dengar dari orang yang akan pergi memenuhi suatu janji, pertemuan, dan sebagainya. Mungkin hanya orang Indonesia yang memiliki pemikiran tentang "jam karet" seperti itu. Bagaimana jika semua orang di Indonesia berpikiran sama? Mungkin jadwal-jadwal yang ada akan berantakan, dan akan menimbulkan ketidak efisienan waktu yang mengerikan.
Padahal jika dipikirkan, apa sulitnya datang tepat waktu? Jika ada undangan pada  pukul 7, apakah sulit datang setengah jam sebelumnya? Kita hanya perlu mengetahui kondisi jalan, tingkat kepadatan jalan, dan rute yang akan kita tempuh saat berangkat. Yang membuat kita terlambat hanya sikap berleha-leha, menunda-nunda, dan rasa malas.

  Disiplin waktu adalah hal yang sangat sering dilanggar di negara kita. Saking seringnya, sampai orang-orang yang datang lebih awal dalam sebuah pertemuan seringkali disebut "kerajinan". Padahal orang-orang yang berusaha tepat waktu hanyalah orang-orang yang memiliki motivasi dan tanggung jawab yang tinggi. Masyarakat Indonesia sudah sering dibanding-bandingkan dengan Jepang dalam masalah disiplin waktu, apa kita tidak bisa seperti mereka? Orang Jepang yang telat menghadiri perjanjian beberapa menit saja akan meminta maf dan membungkuk hingga 90berulang-ulang karena merasa malu telah membuat rekannya menunggu. 

  Dengan kedisiplinan waktu juga kita akan mendapat keefektifan dan keefisienan yang optimal dalam bekerja.
Salah satu Rahasia Kemenangan menurut Toyotomi Hideyoshi adalah: "Bertindaklah lebih awal untuk selesai lebih awal." Ini menunjukkan bahwa dengan mengefisiensikan waktu akan banyak keberhasilan-keberhasilan yang bisa kita dapatkan. 

  Apakah budaya ngaret ini bisa diubah? Tentu saja, asal ada kemauan dan dimulai dari diri sendiri setiap individu maka Indonesia akan bergerak menjadi masyarakat yang tepat waktu.




referensi:

0 comments:

Posting Komentar