Jumat, 05 Agustus 2011

Gunung sebagai paku bumi....

  asalamualaikum kawaan..
kemaren pas ane lagi tilawah, ane baca ayat yang bikin penasaran, yaitu surat An-Nahl ayat 15, yang artinya, "Dan Dia menancapkan gunung di bumi agar bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,"

  Ane penasaran sama kalimat yang ane tebelin di atas, jadi gunung tuh dibikin buat mencegah goncangan?? yauda abis tilawah ane langsung browsing internet, tarraaa...this is it! *loh, ko jadi ala chef? xP  , ternyata udah banyak info tentang fenomena ini hahaha, ane baca baca bacaa... selesaai..! ternyataa,

bener kalo gunung itu dibuat untuk mencegah goncangan, gimana penjelasannya?

  Jadi beginii, gunung-gunung muncul sebagai hasil pergerakan dan tumbukan dari lempengan2 raksasa yang membentuk kerak bumi. Pas dua lempengan bertumbukan, lempengan yang lebih kuat menyelip di bawah lempengan yang satunya, sementara yang di atas melipat dan membentuk dataran tinggi dan gunung.


  Lapisan bawah bergerak di bawah permukaan dan membentuk perpanjangan yang dalam ke bawah. Ini berarti gunung punya bagian yang menusuk jauh ke bawah yang ga kalah besarnya dengan yang tampak di permukaan bumi.


Dalam tulisan ilmiah, struktur gunung digambarkan sebagai berikut:

Pada bagian benua yang lebih tebal, seperti pada jajaran pegunungan, kerak bumi akan terbenam lebih dalam ke dalam lapisan magma. (General Science, Carolyn Sheets, Robert Gardner, Samuel F. Howe; Allyn and Bacon Inc. Newton, Massachusetts, 1985, s. 305)
 
  Di ayat Al-quran yang lain , gunung diumpamakan sebagai “pasak”:

“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?” (AnNaba : 6-7)

  Ilustrasinya kayak gini nih,

gunung tuh kayak paku yang jadi penahan antara lempengan2 kayu, dia nahan lempengan2 kerak telor, eh maksud ane kerak bumi biar ga terombang-ambing di atas cairan magmaa. begituu.. *lagi puasa jd inget kerak telor...hahaha

  Subhanallah yah, kereeeenn..!! 

  Referensi:
http://faisalrev.blogspot.com/2011/03/inilah-fungsi-gunung-untuk-kelanjutan.html

0 comments:

Posting Komentar