Sabtu, 12 Mei 2012

4 KEWAJIBAN MANUSIA



Assalamualaikum~
Ane mau sharing ilmu, semoga bermanfaat ya..

Dalam menjalani kehidupan di dunia, manusia memiliki 4 kewajiban, yaitu :

     1. Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu sudah tentu adalah sebuah keharusan bagi manusia, hidup tidak akan berkualitas tanpa ilmu, semuua yang kita lakukan di dunia memiliki cara-caranya sendiri.
Contoh kecil, bagaimana kita make sepatu kalo kita gatau caranya? Bagaimana kita melaksanakan shalat subuh kalo gatau caranya? Gawat kalo solatnya jadi empat rokaat.. -,-

Firman Allah dalam surat Al-Mujadilah ayat 11

"......niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan."

Dan dalam surat Az-Zumar ayat 9

".....Katakanlah, "Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran."


     2. Beramal

Ilmu-ilmu yang sudah kita peroleh dari menuntut ilmu tidak akan bermanfaat apabila kita tidak mengajarkannya kepada orang lain.

Amal adalah buah dari ilmu. Ilmu itu dicari demi mencapai sesuatu yang lain. Fungsi ilmu ibarat sebatang pohon, sedangkan amalan seperti buahnya. Maka setelah mengetahui ajaran agama Islam seseorang harus menyertainya dengan amalan. Sebab orang yang berilmu akan tetapi tidak beramal dengannya lebih jelek keadaannya daripada orang bodoh.

Barang siapa yang beramal tanpa ilmu maka dia telah menyerupai orang Nasrani. Dan barang siapa yang berilmu tapi tidak beramal maka dia telah menyerupai orang Yahudi.

Dalam surat Ash Shaff ayat 2-3

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapa kalian mengatakan apa yang tidak kalian kerjakan. Sungguh besar kemurkaan di sisi Allah karena kalian mengatakan apa-apa yang tidak kalian kerjakan.” 

Jadi, jangan sampai kita menyampaikan apa-apa yang kita sendiri tidak melakukannya. Jangan menyuruh hal baik tapi kita tidak mengerjakannya, jangan juga melarang kemungkaran sedangkan kita tidak mengerjakannya.


     3. Berdakwah


Pernah kah kita mendengar istilah MLM akhirat??
Dalam konteks ini MLM yang dimaksud adalah berdakwah. Kenapa berdakwah disamakan dengan MLM (Multi Level Marketing)?
Rasulullah Saw. bersabda ,“Siapa saja yang menyeru manusia pada hidayah, maka ia mendapatkan pahala sebesar yang diperoleh oleh orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi sedikit pun pahala mereka. “
[HR. Muslim]

Artinya, bila seorang A mengajarkan ilmu kepada seorang B, lalu orang B mengajarkan ke orang C, maka pahala orang B akan tersampaikan pula untuk orang A. Nah bayangkan pahala yang akan didapatkan seseorang yang menyampaikan ilmu kepada orang banyak, lalu orang banyak itu menyampaikan ilmunya kepada orang lain.. Subhanallah, luar biasa pahala yang akan mengalir kepada orang yang menyampaikan ilmu kepada orang banyak.

Firman Allah:
"Tidak mungkin bagi seseorang yang telah diberi kitab oleh Allah, serta hikmah dan kenabian. Kemudian dia berkata kepada manusia, “jadilah kamu penyembahku, bukan penyembah Allah,” tetapi (dia berkata), “Jadilah kamu pengabdi pengabdi Allah, karena kamu mengajarkan Kitab dan karena kamu mempelajarinya!”.(Al-Imran :79)
Allah menyuruh kita untuk menjadi abdi Allah, yaitu yang mempelajari kitab dan mengajarkannya kepada orang lain.


     4. Bersabar

Yang terakhir adalah bersabar, bersabar dalam melaksanakan tiga hal di atas, yaitu menuntut ilmu, beramal dan berdakwah. Kita bisa mencontoh kesabaran para nabi yang menyampaikan hidayah kepada umatnya dengan luar biasa. 
Tidak sedikit nabi yang bertahun-tahun berdakwah, namun yang mendapat hidayah bisa dihitung dengan jari..

Memang manusia itu punya batas kesabaran, tapi ketahuilah cinta Allah kepada orang-orang yang bersabar itu tidak ada batasnya...




Sekiaan~
Wassalamualaikum wr wb



0 comments:

Posting Komentar