Sabtu, 01 Juni 2013

Tugas Teori Organisasi Umum

Assalamualaikum wr wb

Tulisan ini dibuat untuk menjawab soal Mata Kuliah Teori Organisasi Umum,
"Apa perusahaan yang Anda idolakan? Jelaskan alasan-alasannya."

Apa perusahaan yang saya idolakan? Jawabannya adalah PT Indosat Tbk.
Kenapa? Nah, saya akan menjelaskan keunggulan-keunggulan yang dimiliki perusahaan ini yang menyebabkan saya mengidolakannya.

PT Indosat Tbk. adalah nama dari salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan pra bayar maupun paska bayar dengan merek jual Matrix, Mentari, dan IM3; jasa lainnya yang disediakan adalah saluran komunikasi via suara untuk telepon tetap (fixed) termasuk sambungan langsung internasional IDD (International Direct Dialing), serta jasa nirkabel dengan merk dagang StarOne. Perusahaan ini juga menyediakan layanan multimedia, internet, dan komunikasi data (MIDI= Multimedia, Internet & Data Communication Services).

Pada tahun 2011 perusahaan ini menguasai 21 persen pangsa pasar dan di tahun 2013 mengklaim memiliki 58,5 juta pelanggan untuk telpon genggam.

Situs investasi untuk Indonesia menyatakan bahwa Indosat kehilangan beberapa persen pasar pelanggan telepon genggamnya pada tahun tahun terakhir. Sementara situs lainnya (Onbile.com) menempatkan Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar ketiga pada tahun 2013 dibawah Telkomsel dan XL Axiata.

Pada Februari 2013 perusahaan telekomunikasi Qatar yang sebelumnya bernama Qtel dan menguasai 65 persen saham Indosat berubah nama menjadi Ooredoo dan berencana mengganti seluruh perusahaan miliknya atau dibawah kendalinya yang berada di Timur Tengah, Afrika dan Asia Tenggara dengan nama Ooredoo pada tahun 2013 atau 2014. Sementara Indosat dalam siaran persnya menanggapi hal ini belum memutuskan akan mengubah nama dari Indosat menjadi Ooredoo atau tidak, karena menganggap nama Indosat telah memiliki "hubungan" dengan pelanggan.

Kelebihan PT Indosat Tbk. bila dijabarkan :
1. Fokus meningkatkan kepuasan pelanggan dalam segala hal.
Dibuktikan dengan banya hal, seperti membangun kabel laut sepanjang 21.734 km sebagai pendukung infrastruktur, kualitas jaringan maksimal melalui 19.253 BTS, mengoperasikan satelit Palapa C2 dan Palapa D, memiliki sekitar 52 juta pelanggan seluler, dan masih banyak lagi.

2. Memiliki program-program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang berkesinambungan.
Program-program ini menghasilkan manfaat nyata bagi bangsa Indonesia dalam hal kesehatan masyarakat, pendidikan, dan pemulihan pasca bencana.

3. Selalu mengembangkan karyawan untuk kinerja yang lebih tinggi. 
Indosat menilai karyawan menggunakan sistemManajemen Kinerja Karyawan yang didasarkan pada metode balance scorecard. Sistem Manajemen Kinerja Karyawan, yang juga mendasari perhitungan remunerasi, lebih menekankan dan menghargai kinerja dan prestasi individu daripada prestasi kelompok.

4. Terdapat Pedoman Kode Etik Perusahaan yang ditandatangani oleh seluruh karyawan PT Indosat Tbk. dan disosialisasikan pada seluruh tingkat organisasi. Pedoman Kode Etik Perusahaan ini membuat karyawan perusahaan harus memperbaharui komitmen setiap tahun, sehingga etika para karyawan bisa selalu terjaga.

5. Pelayanan yang sangat baik untuk para karyawannya
Indosat selalu berusaha menjadi tempat kerja terbaik bagi karyawan dengan menyediakan lingkungan kerja yang positif dan memastikan kesejahteraan karyawan dan keluarganya. Selain upah bulanan, karyawan juga diberikan tunjangan telpon, jaminan kesehatan, bonus tahunan, berbagai fasilitas dan penghargaan. Sedapat mungkin, kondisi kerja dirancang agar karyawan betah bekerja. Misalnya, struktur jam kerja memungkinkan karyawan menentukan sendiri jam masuk dan keluar kerja sesuai dengan beban kerja, ketentuan berpakaian yang fleksibel memungkinkan karyawan berpakaian formal atau casual sesuai dengan peran, fungsi dan tanggung jawab.
Di beberapa lokasi, kami menyediakan perpustakaan, klinik, kantin, dan ruang menyusui untuk karyawan. Kami juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan karyawan menyalurkan bakat atau hobi dalam olah raga dan seni, serta mendukung karyawan melaksanakan kewajiban agama, termasuk perayaan agama, karena kami percaya semua ini akan memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja.

Pada intinya, pelayanan perusahaan ini kepada karyawannya dan juga tentu saja kepada konsumen bisa dibilang sangat baik, karena perusahaan ini melakukan semua upaya seoptimal mungkin untuk menguntungkan semua pihak.
Itu adalah beberapa hal yang menjadi faktor mengapa saya mengidolakan PT Indosat Tbk.


Pertanyaan berikutnya, "Perusahaan apa yang menurut Anda buruk? Berikan Alasannya."

Menurut saya, salah satu perusahaan yang kurang baik adalah PT Multi Bintang Indonesia.
Kenapa? Saya melihat kekurangan mereka adalah dalam hal kegunaan produk yang dipasarkan. Perusahaan ini memproduksi bir, minuman beralkohol yang membuat orang yang meminumnya akan mabuk, dan tentu saja minuman ini diharamkan dalam agama Islam.
Tentu saja saya tidak meragukan manajemen organisasi di perusahaan ini, sebab perusahaan ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia, dibuktikan pada akhir tahun 2012 lalu, PT  Multi Bintang Indonesia masuk dalam 50 perusahaan terbaik di Indonesia dan masuk dalam "Best of The Best" Forbes Indonesia.
Hanya saja, perusahaan ini menurut saya hanya mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari perilaku moral bangsa yang buruk. Bila dipikirkan, memang tidak ada manfaat yang bisa diambil dari mengonsumsi minuman beralkohol, selain hanya menimbulkan kesenangan sesaat saja. Justru minuman beralkohol yang berefek memabukkan ini akan menyebabkan konsumen berpeluang untuk melakukan berbagai tindak kejahatan.

Sekian sedikit analisis saya terhadap dua perusahaan baik dan buruk.
Wassalamualaikum wr wb.

0 comments:

Posting Komentar